bahaya bermain hanphone terlalu lama bagi kesehatan

Assalamualaikum wr wb.

hai sobat? amatnewbe akan berbagi mengenai bahaya yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari apalagi kalau bukan hanphone salah satu teknologi cangih yang sudah merupakan hal wajib bagi setiap orang untuk memiliki hanphone karena untuk keperluan komunikasi terutama dan lain-lain sebagaimana mereka mengunakan hanphone tersebut. nah kembali ke topik pembicaraan mengenai BAHAYA YANG DITIMBULKAN APABILA KITA BERMAIN HP TERLALU LAMA untuk kalian yang keseharian bermain hp entah sms ataupun game harus tahu bahaya berikut dan cara mencegahnya agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan :


1. KURANG TIDUR

bermain hanphone ini memang asik apalagi kalau sudah lupa akan waktu makan bahkan tidur bisa lupa. bermain hp sampai pagi ini tidak baik bagi tubuh kita karena apabila kita kurang tidur keesokan harinya untuk bekerjan maka tubuh akan terasa sakit dan pegal-pegal semua karena pada malam harinya tidak tidur dan buat kalian yang bekerja dikantor hindari yang namanya bermain hp sampe larut malam nanti kalau waktu kerja ketiduran ketahuan bosnya dipecat kan sayang masa gara-gara tidur dipecat dari kantor. nah sebaiknya buat kalian yang suka bermain hp sampe larut malam kurangi kebiasaan tersebut biasakan tidur paling lambat jam 11 agar keesokan harinya bisa bangun pagi dan badan kembali vit.


2. MATA MERAH DAN LELAH


memandangi layar hp terlalu lama membuat mata kita lelah dan merah pancaran sinar radiasi dari layar hp juga akan merusak penghilatan kita sedikit demi sedikit sehingga untuk melihat sesuatu menjadi buram. apalagi kalian yang suka bermain sosmed dan coc pasti setiap saat harus melihat hp. nah agar mata kalian tidak cepat lelah jarak pandang ke hp minimal 25 cm jangan terlalu dekat dan juga terlalu jauh. jangan juga melihat hp sampai lrut malam dan sambil tiduran. hal ini biasanya terjadi pada anak remaja yang masih kasmaran setiap saat harus melihat hp mengetahui kabar pasangan bahkan senyam-senyum sendiri sampai malam ditempat tidur kaya orang gila. cara pencegahan yaitu seperti diatas tadi :
  • jarak pandang hp min 25 cm
  • jangan bemain hp sambil tiduran
  • buat kalian yang matanya mudah lelah ataupun merah biasakan bangun tidur pagi-pagi sekitar jam 4 untuk melakukan solat subuh bagi umat islam karen air wudhu yang membasuh mata dapat membuat ,mata segar setelah itu keluar rumah untuk melihat indahnya alam sekitar melihat daun-daun hijau pepohonan. dari hari penelitian bahwa sebenarnya warna hijau dapat menjadi penawar untuk mata lelah oleh sebab itu tuhan YME menciptakan daun-daun berwana hijau.

3. PEGAL DIBAGIAN LEHER


melihat hp kebawah terlalu lama membuat leher kita pegal. jangan sepelekan hal yang satu ini biasanya kalian apabila pegal pada bagian leher pasti membunyikan persendian pada leher nah hal itulah yang salah. bahaya yang terjadi apabila kalian sering membuyikan sendi pada tulang leher :
  • syarat terjepit
  • menghancurkan tulang yangrwan pada bagian leher
  • jika terus dilakukan akan menyebabkan penyakit sendi kronis di kemudian hari
nah amatnewbe ada cara lain untuk menghilangkan pegal pada leher :
  • kompres dengan air hangat mengunakan kair kecil atau handuk secara terus menerus sampai air menjadi dingin
  • bediri tegak atau sandarkan badan ke tembok dengan posisi lurus/tegak
  • gerakana leher secara perlahan kekiri dan kekanan sebanyak 4-5x
  • hindari menekuk leher terlalu bawah usahan untuk melihat hp dengan posisi menekuk kepala 30 derajat
nah sekian informasi yang bisa saya sampaikan semoaga artikel ini bermanfaat.terima kasih telah berkunjung.

Wassalamualaikum wr wb.

0 Response to "bahaya bermain hanphone terlalu lama bagi kesehatan"

Post a Comment