[Tips] 3 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika smartphonemu jatuh ke Kolam air

Assalamualaikum wr wb.



Hai sobat? apakah diantara kalian ada yang pernah mengalami musibah ketika sedang jalan-jalan atau bermain dipinggir kolam renang, secara tidak sengaja ponselmu jatuh kedalam air yang mengakibatkan ponselmu menjadi basah. pasti sobat akan langsung panik ketika melihat ponselnya mati dikarenakan air yang masuk kedalam body ponsel.

sebenarnya ada beberapa hal yang perlu sobat lakukan apabila ponsel sobat mati karena basah.mungkin sobat sudah tahu entah dari saran teman maupun membaca artikel dari internet atau manapun. namun kali ini amatnewbe akan membahas dulu mengenai"3 Hal yang tidak boleh sobat lakukan ketika ponsel jatuh kedalam air".

1. Mengeringkanya Menggunakan Hairdryer
Mungkin sobat pernah dengar dari teman, jika ponselmu jatuh ke dalam air coba keringkan menggunakan hairdryer/pengering rambut. secara tidak sadar ini merupakan hal yang salah yang kita lakukanan. memang benar apabila ponsel basah bisa dikeringkat dengan hairdryer tapi apakah kalian tidak berfikir dampak dari hairdryer ini ? tidak kan. yang penting kering. sekarang amatnewbe jelaskan kenapa mengeringkan ponsel yang basah memnggunakan hairdryer itu salah ? dikarenakan ketika kita mengarahkan panas dari hairdryer ke ponsel secara tidak sadar ini akan membuat solderan timah pada ponsel menjadi meleleh dan membuat setiap chipnya tidak merekat dengan baik sehingga ponsel sobat tidak menyala malah tambah parah dikarenakan kerusakan pada hardwarenya. paham.

2. Mengeringkan Mengunakan Heater
Heater adalah sebuah alat yang juga menghasilkan panas, jika sobat menaruh ponsel sobat yang panas diatas heater ini tidak akan membuat ponsel sobat kering dan langsung menyala, tetapi sebaliknya malah merusak komponen yang ada pada ponsel dikarenakan panas yang dihasilkan dari heater ini tidaj bisa diatur. nah dari situlah panas yang berlebihan ini dapat membuat komponen yang ada didalam ponsel menjadi rusak. seperti yang amatnewbe terangkan diatas.

3. Mengeringkan Menggunakan Microwave
Seperti yang sobat tahu bahwa Microwave ini sering digunakan dalam pembuatan roti ataupun memangang roti, jika sobat memngeringkan ponsel sobat yang basah dengan cara memasukanya kedalam micowave ini jelas salah besar. sudah jelas panas yang dihasilkanpun bisa mematangkan roti yang tadinya mentah. apalagi ponsel kita yang rentan terhadap panas yang berlebihan. pastinya malah rusak parah. ada suatu kasus bahwa panas yang berlebihan pada ponsel tidak hanya membuat komponen pada ponsel rusak namun juga bisa meledak. nah apa jadinya coba jika itu terjadi pada ponsel kalian bisa berabeh kan.

Nah intinya dari semua yang amatnewbe tuliskan diatas bahwa panas yang berlebihan itu bisa membuat ponsel rusak. jadi apa yang harus sobat lakukan ketika mengalami masalah ini. jangan bingung amatnewbe akan memberikan sedikit dari amatnewbe jika ponsel sobat masuk kedalam air.
  1. Langkah yang pertama adalah Mematikan ponsel sobat dan langsung mencabut baterainya, dan dicek apakah ada air yang masuk kedalam body ponsel.
  2. Jika air masuk ke dalam body ponsel alangkan baiknya jika sobat tidak menyalakanya. karena bisa mengakibatkan konsleting pada daya ponsel yang membuat Emmc powernya rusak, tetapi yang harus sobat lakukan adalah membuka semua casing dan mengeringkanya dengan menaruhnya diatas genting memanfaatkan panas matahari, karena amatnewbe rasa panas matahari itu pas untuk membuat ponsel menjadi kering kembali.
Mungkin itu sedikit informasi dan tips yang bisa amatnewbe berikan tentang"Hal-hal yang perlu dilakukan jika ponsel basah" dan semoga postingan amatnewbe kali ini bisa mermanfaat buat sobat semua, terima kasih telah berkunjung.

Wassalamualaikum wr wb.

0 Response to "[Tips] 3 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika smartphonemu jatuh ke Kolam air"

Post a Comment