Apa itu Android ?


Assalamualaikum wr. wb.

hai sobat apa itu android ? buat kalian yang masih pertama mendangar kata-kata ini pasti bingung apa sih sebernya android itu ? kok banyak dibincangkan oleh orang-orang ? nah buat kalian yang baru mendengar android ini dan ingin mengetahui apa itu android ? blog amatnewbe akan mengulas sedikit tentang apa itu android ?


android adalah sebuah system operasi berbasis linux yang pertama kali dibuat Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) android ini dirancang untuk seluler layar sentuh seperti telephon dan komputer tablet Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. android sendiri merupakan rival dari apple yang juga merupakan permbuatan operating system yang cangih dengan produknya yaitu iphone. 

vendor smartphone yang pertama kali memakai operating system android ini adalah HTC dengan operating system astro 1.0 yang kemudian diikuti oleh vendor smartphone lainya didunia seperti samsung,advan,evercross,lenovo dan juga sony. operating system andriod ini mereka pilih karena dirasa sangat mudah dikembangkan dan juga fleksible. sejak tahun 2008 android sudah banyak melakukan pembaharuan dan juga pegembangan untuk meningkatkan kinerja operating system , menambahkan fitur terbaru, dan memperbaiki bug yang tedapat diversi sebelumnya dengan tujuan untuk bisa bersaing dengan operating system lainya dikancah intenasional. hal yang unik dari andorid ini adalah versi android yang terbaru berurutan alpabet dari mulai android pertama yaitu astro sampai yang saat ini yaitu anroid M (marsmellow)dan juga semua nama itu merupakan nama dari makanan ringan. dari berjalanya waktu kewaktu android sudah mengalami banyak perkembangan. pada tahun 2010 android berhasil mengalahkan symbian yang merupakan operating system dengan kualitas ternologi tinggi dari vendor NOKIA yang saat itu digemari banyak orang karena merupakan handphone dengan kualitas baik dan harga murah. dan pada Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013.Pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi.Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play. Pada tanggal 3 September 2013, 1 miliar perangkat Android telah diaktifkan.

nah itu sedikit pengetahuan yang saya ketahui mengenai android ini.
simak juga versi android dari doeloe sampai sekarang.Disini



terima kasih telah berkunjug.
Wassalamualaikum wr. wb.

0 Response to "Apa itu Android ?"

Post a Comment