Breaking news

random

Macam-macam chipset smartphone ANDROID

Assalamualaikum wr. wb.



Hai kawan-kawan sahabat opreker android.... 

didunia banyak sekali ilmu yang perlu kita pelajari, baik itu ilmu umum,agama, dan teknologi dan ilmu yang lainya ? dikesempatan kali ini saya akan membahas sebuah teknologi cangih yang sering kita gunakan sehari-hari yaitu smartphone android, yah tak dapat dipungkiri bahwa ternologi yang satu ini merupakan kebutuhan sehari hari bahkan sudah menjadi barang wajib yang perlu kita punya malah-malah ada yang mengangapnya seperti anak ? kemana-mana harus dibawa. yak tak berpanjang lebar basa-basinya. langsung saja kita bahas mengenai hanphone ini namun yang akan kita bahas adalah smartphone android ?
salah satu perangkat yang tertanam dalam android ini adalah chipset. chipset/prosesor ini sangat penting bagai otak kita yang menjalankan/memerintah segala jenis pekerjaan ?


macam-macam chipset yang terdapat pada smartphone android antara lain :


1. Mediatek

Salah satu produsen prosesor besar dari Asia selain Samsung yang banyak digunakan oleh para produsen gadget adalah Mediatek atau yang biasa disingkat MTK. Perusahaan yang berbasis di China ini adalah produsen prosesor kelas wahid tetapi memiliki harga yang murah. Jika Anda melihat spesifikasi gadget-gadget lokal seperti LG G Pro Lite, IMO, Mito, Lenovo, ataupun Acer dan Asus dari Taiwan, tentu akan terlihat bahwa prosesor yang digunakan adalah buatan Mediatek.


Khusus bagi Anda yang memiliki budget rendah untuk memiliki gadget Android, gadget dengan prosesor Mediatek adalah solusinya. Untuk kualitas Anda tidak perlu khawatir, karena prosesor ini memiliki kinerja yang baik, selain itu untuk grafisnya dibantu oleh PowerVR. Bahkan kini, Chipset yang diawali dengan kode MT dan diikuti dengan empat kode angka ini sedang mengembangkan Chipset 64-bit


Sayangnya untuk daya energi, Anda harus cermat memilih gadget Android yang memiliki suplai baterai yang besar. Konsumsi baterainya yang boros adalah minus dari prosesor ini, tetapi untuk kekuatan dalam visualisasi, tenaga baterai tersebut dialihkan untuk menghasilkan visual yang baik dan smooth .



2.Qualcomm

Prosesor ini merupakan CPU Android yang sering digunakan oleh banyak produsen smartphone ataupun tablet Android. Prosesor buatan Amerika ini sekarang sudah meluncurkan 4 generasi, yaitu Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3, dan Snapdragon S4. Tidak ada yang meragukan kualitas dari prosesor ini, karena kualitasnya yang memang memiliki kemampuan lebih baik dari CPU lainnya.
Grafik yang ditopang dari prosesor Qualcomm adalah anak buah dari ATI, yaitu Adreno. Jika Anda seorang gamers, sepertinya Anda memilih gadget yang tepat dengan menggunakan CPU Snapdragon dari Qualcomm ini.


Chipset dari Qualcomm ini memiliki keunggulan dari segi performa, konsumsi daya, dukungan grafis, dan koneksi 4G. Jenis Chipset yang terkenal dari perusahaan ini adalah Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon 800

Qualcomm mengklaim prosesor single-core nya memiliki clock 1.4Ghz dengan performa yang lebih baik dari prosesor lain yang sudah dual-core. Contoh gadget yang menggunakan Qualcomm adalah Samsung Galaxy W, Motorola Fire XT, HTC Sensation XE, Lenovo A706.

  

3. Exynos
Exynos merupakan prosesor buatan Samsung Electronics dan secara khusus digunakan untuk Samsung Mobile. Prosesor ini menawarkan beberapa kelebihan yang mungkin dapat membuat Anda tertarik memiliki produk dengan prosesor Exynos ini. Sensasi bermain game 3D akan terasa lancar tanpa adanya lag, karena GPU yang digunakan adalah GPU Mali 400 yang tentunya sudah banyak gadget yang menggunakan grafis dari Mali seperti iPad 2 dan Samsung Galaxy SII.
Lalu, kinerja terbaik yang dapat dilakukan olehprosesor ini adalah multitasking pada gadget Android Anda, baik itu smartphone ataupun tablet. Walaupun prosesor ini sudah mendukung multi-core, tetapi daya yang diserapnya terhitung efisien. Salah satu gadget yang menggunakan processor ini adalah Samsung Galaxy SIII (Exynos 4212 Quad-core).


4. OMAP

OMAP merupakan processor yang diproduksi oleh Texas Instrument, saat ini tersedia OMAP 1 sampai dengan OMAP 4. Processor OMAP 4 merupakan langkah awal texas instrument versi dual core. Processor OMAP juga sering digunakan  oleh smartphone dengan kinerja yang handal diantaranya samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S hingga tablet archos. Keunggulan OMAP mampu memberikan dan memproses tampilan situs pada internet layaknya website pada PC, User interface lebih cepat dengan konsumsi daya lebih sedikit, menunjang kamera primer dan sekunder lebih kuat serta mampu menampilkan video Full HD.


Texas Instrument  juga baru saja memperkenalkan generasi ke lima dari jenis prosesor OMAP. OMP5 yang akan diperkenalkan dalam dua versi, OMAP5430 dan OMAP5432 akan dibangun dengan teknologi semi konduktor 28nm. Penggunaan teknologi ini pun akan semakin meningkatkan efisiensi tenaga dari prosesor. Namun, Anda tidak akan mendapati prosesor Quad Core milik Texas Instrument. Dua prosesor tersebut merupakan prosesor dengan arsitektur ARM Cortex A15 dengan clock 2GHz.

5. Nvidia Tegra
Prosesor ini adalah produkan dari Nvidia. Untuk prosesornya sendiri saat ini sudah menelurkan seri Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, dan Nvidia Tegra 3. Untuk Nvidia Tegra 4 sedang dalam tahap pengembangan agar mampu bekerja multi-core. Salah satu Chipset andalannya adalah Nvidia TEGRA 3 dan Nvidia TEGRA 4. Kedua Chipset ini dikenal sebagai Chipset yang powerful terutama untuk mendukung kebutuhan bermain games baik lewat tablet maupun lewat smartphone.
Prosesor Nvidia Tegra memiliki konsumsi daya yang minimum, sehingga cocok untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan multimedia Anda, baik untuk bermain games atau memutar video HD. Sayangnya, gadget Android yang menggunakan prosesor ini terbilang menengah ke atas, salah satu contohnya adalah HTC One X yang disisipi Nividia Tegra 3.


Saat Anda menggunakan smartphone tersebut kinerja yang dihasilkan sangat maksimal dan tentunya daya yang diserapnya sangat minimal sekali sehingga baterai yang digunakan pun tidak perlu yang memiliki kekuatan diatas 2.000mAh agar dapat stand-by lebih lama. Sedangkan untuk menengah ke bawah, kini Acer Iconia Tab A200 dapat Anda lirik dengan menggunakan processor Nvidia Tegra 2 dual-core.


cukup sekian info yang bisa saya sampaikan...!!!

Wassalamualaikum wr. wb.







Macam-macam chipset smartphone ANDROID Reviewed by amat xcool on 01:33 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Oprek Android Ala Newbe © 2015 - 2016
Designed by SaSaThemes

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.