Mengatasi Aplikasi yang Force Close/berhenti tiba-tiba

Assalamualaikmu wr wb.


hai sobat ? dikesempatan kali ini blog.amatnewbe akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi "aplikasi yang force close atau bisa dibilang berhenti tiba-tiba" biasana hal semacam ini adalah com.systemui.telah berhenti dan com.android.telah berhenti yak hal ini mungkin tidak sering terjadi disemua hape android hanya beberapa yang mengalami masalah saja.tapi bagi yang mengalaminya pasti kesal karena hal ini sangat menganggu. keluar secara terus-menerus tanpa berhenti dan kita tidak bisa melakukan apa-apa dengan hape yang sedang begitu. adapun penyebab dan solusinya yaitu sebagai berikut.

penyebab :
- karena aplikasi yang tidak kompatable. biasanya terjadi pada hpe yang sudah custom rom. 
=> solusinya hapus aplikasi dan instal aplikasi dari play store

- karena memory ram penuh sehingga menjadi over dan banyak aplikasi yang dihentikan secara tiba-tiba. hal ini terjadi pada hape yang mempunyai memory ram kecil 
=> solusinya dengan menghapus beberapa aplikasi atau menghentikan dengan paksa. masuk ke pengaturan>aplikasi>manager aplikasi > carilah aplikasi yang sering force close tadi dan ketuk berhenti/uninstall.
=> bisa juga melinkan/memindah aplikasi dari internal kesdcard dengan link2sd

- karena malware/virus. yak yang satu ini tidak pernah absen dari segala masalah. aplikasi yang mengandung malware akan dicekal oleh antivirus hape sehingga berhenti tiba-tiba. 
=> solusinya hapus aplikasi masuk ke pengaturan>aplikasi>manager aplikasi>cari aplikasi yang terkena malware/virus dan uninstall
=> Scan secara menyeluruh

- Apabila yang force close adalah systemui
=> solusi bagi yang sudah castom rom cukup ganti systemui saja. namun bagi yang yang belom diapaain yaitu seperti diatas dengan menghentikan paksa. namun apabila masih tidak bisa tiada pilihan anda reset ulang. masuk ke pengaturan>privasi>setel pabrik.


sekian tips yang bisa saya sampaikan apabila ada yang salah saya mohon maaf. karena saya juga manusia mahluk ciptaan tuhan yang maha esa.

terima kasih.
wassalamualaikum wr wb.

2 Responses to "Mengatasi Aplikasi yang Force Close/berhenti tiba-tiba"

  1. gan kalo di setel pabrik dan instal ulang masih aja force close gimana gan?.. gara2 pake apps any cute buat jadiin internet pake gsm tapi gagal gan, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang fc app apa sobat? ane kurang paham maksud sobat

      Delete